Bakpao

2:12 PM
bakpao,www.healthnote25.com
bakpao - www.healthnote25.com



 Bakpao (Hanzi: 肉包, hokkian: bakpao, hanyu pinyin: roubao) adalah makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia sebab diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas  orang Tionghoa di Indonesia. 

Pao tersebut berarti bungkusan, dan bak itu dengan kata lain daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging. Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yakni nyukppao / yugppao yang mempunyai makna yang sama yakni daging berbungkus.


Bakpao sendiri berarti harfiah ialah baozi yang mengandung daging. Pada tadinya daging yang sangat lazim digunakan ialah daging babi. Akan namun baozi sendiri dapat dipenuhi dengan bahan lainnya laksana daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang mengandung daging ayam disebut kehpao.

bakpao,www.healthnote25.com
bakpao - www.healthnote25.com

Kulit bakpao diciptakan dari adonan tepung terigu diberi ragi guna mengembangkan adonan, setelah diserahkan isian, adonan dibiarkan  sampai mengembang kemudian di kukus hingga matang. Untuk memisahkan isi bakpao, tanpa daging (vegetarian) basanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian pun dengan isian yang beda diberi tanda warna yang berbeda-beda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts