Saturday, May 19, 2018

Tebu



tebu,www.healthnote25.com
tebu - www.healthnote25.com

Tebu (bahasa Inggris: sugar cane) ialah tanaman yang ditanam guna bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini selalu  dapat tumbuh di wilayah beriklim tropis. Tanaman ini tergolong jenis rumput-rumputan. Umur tanaman semenjak ditanam sampai dapat dipanen mencapai tidak cukup lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu tidak sedikit dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.

tebu,www.healthnote25.com
tebu - www.healthnote25.com


Untuk penciptaan gula, batang tebu yang telah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu itu disaring, dimasak, dan diputihkan sampai-sampai menjadi gula pasir yang anda kenal. Dari proses penciptaan tebu itu akan didapatkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.


Daun tebu yang kering (dalam bahasa Jawa, dadhok) ialah biomassa yang memiliki nilai kalori lumayan tinggi. Ibu-ibu di pedesaan sering menggunakan dadhok tersebut sebagai bahan bakar guna memasak; di samping menghemat minyak tanah yang kian mahal, bahan bakar ini pun cepat panas.


Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan pun ampas batang tebu dipakai untuk bahan bakar boiler, yang uapnya dipakai untuk proses buatan dan pembangkit listrik.

tebu,www.healthnote25.com
tebu - www.healthnote25.com


Di sejumlah daerah air perasan tebu tidak jarang dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu lumayan baik untuk kesehatan tubuh sebab dapat meningkatkan glukosa. di antara tempat yang memasarkan es tebu yatu di seputaran Jember.

0 Comments: