Tuesday, May 15, 2018

Resep Mudah Membuat Asinan Betawi



asinan-betawi,www.healthnote25.com
resep mudah membuat asinan betawi - www.healthnote25.com


Asinan Betawi adalah kuliner khas Jakarta yang telah ada semenjak jaman dahulu kala. Pecinta kuliner satu ini semenjak jaman dahulu sampai sekarang seakan tidak pernah terdapat habisnya. Baik yang berasal dari kalangan orang tua ataupun anak-anak muda.

Asinan betawi sendiri tercipta dari pelbagai sayuran segar dan diguyur dengan memakai kuah asam yang tidak banyak pedas. Tentunya urusan itu akan menciptakan kuliner satu ini semakin menempel di lidah. Sayuran yang dipakai sendiri paling bervariasi, mulai dari mentimun, wortel, lokio, sawi asin, dan lainnya.

Asinan betawi memiliki kesamaan dengan asinan Bogor, khususnya dari bahan dan pun bumbu yang digunakan. Hal tersebut sebetulnya tidaklah mengherankan sebab Jakarta dan Bogor merupakan wilayah yang berdampingan sehingga memiliki keserupaan dalam sejumlah macam kuliner.

Asinan betawi seringkali sangat identik dengan sayuran sementara asinan Bogor dengan buah-buahan. Meskipun begitu, terdapat pun asinan bogor yang diciptakan dari gabungan sayur dan buah-buahan laksana yang pernah kami ulas resepnya di tulisan ini.

Asinan betawi paling cocok bilamana dinikmati bareng dengan family tercinta. Karena selain menyerahkan rasa yang lezat, kandungan nilai gizi pada sayurannya juga diandalkan  mampu menyokong tumbuh kembang si kecil.

resep asinan betawi sayur

Di kota Jakarta Anda bisa dengan mudah mengejar pedagang yang memasarkan asinan betawi ini meskipun semakin hari semakin berkurang saja sebab tergerus oleh sekian banyak  kuliner modern. Namun Anda pun dapat mengupayakan membuatnya sendiri tanpa mesti repot pergi ke Jakarta.

Nah untuk Anda yang hendak menyajikan kuliner satu ini guna keluarga tercinta, sebagai berikut akan menyalurkan informasi singkat tentang resep asinan Betawi tersebut. Resepnya ini terbilang lumayan mudah dan dapat Anda coba langsung di lokasi tinggal sekarang juga.

Bahan-Bahan Asinan Betawi
Untuk resep asinan betawi ini anda akan memerlukan 4 macam bahan sekaligus yaitu bahan utama, bahan guna kuah, bahan guna bumbu halusan, dan bahan guna taburan. Nah, berikut ialah bahan-bahan utama yang mesti kita siapkan:

  • Taoge panjang sejumlah 200 gram, sangrai
  • Mentimun lumayan dengan 2 buah, ambil bijinya, kemudian iris tipis
  • Kol sejumlah 2 lembar, iris halus
  • Wortel sejumlah 150 gram, potong korek api
  • Bengkuang lumayan sebanyak 200 gram, potong korek api
  • Sawi asin selama 200 gram, peras airnya kemudian iris tipis
  • Tahu takwa lumayan dengan 200 gram, kukus kemudian potong dadu
  • Lokio selama 50 gram saja, bersihkan kemudian potong unsur akarnya


Bahan kuah asinan Betawi:
  • Gula merah sejumlah 500 gram, sisir
  • Cuka masak seandainya 2 sendok makan
  • Air matang lumayan 1 liter



Bahan bumbu halusan:

  • Cabai merah keriting sejumlah 6 buah
  • Ebi lumayan sebanyak 75 gram, sangrai
  • Cabai merah besar selama 4 buah
  • Garam seandainya 1/2 sendok teh
  • Gula pasir sejumlah 100 gram


Bahan guna taburan asinan betawi:
  • Kacang tanah goreng seperlunya.
  • Kerupuk mi sesuai selera.



Cara Membuat Asinan Betawi

Setelah seluruh bahan terkumpul, ayo kita langsung mengolahnya. Pertama kalinya saya dan anda bisa membuat kuah takwa terlebih dahulu. Caranya terlebih dahulu campur air dan gula pasir bareng dengan bumbu halusan di dalam suatu panci. Aduk-aduk bahan tersebut supaya bisa tercampur secara merata.


Setelah tersebut masak bahan-bahan itu dengan memakai api sedang hingga benar-benar mendidih. Sambil memasak sesekali berikan adukan-adukan supaya semua bahan matang secara keseluruhan. Angkat dan tambahkan cuka masak ke dalam rebusan tersebut.


Setelah meningkatkan cuka, aduk kembali bahan-bahan tersebut supaya bisa tercampur secara merata. Supaya kuah mempunyai teksture yang lebih bersih, saring kuah itu dengan suatu alat penyaring. Diamkan terlebih dahulu kuah tersebut sampai dingin.


Selanjutnya sesudah kuah itu dingin, masukan seluruh bahan utama yang sudah kita persiapkan kecuali sawi asin. Kemudian tambahkan tahu takwa dan masukan olahan itu dalam lemari es supaya semua bumbu bisa meresap secara optimal.


Susun sawi asin dengan rapi bareng dengan potongan tahu. Jangan tak sempat taburi asinan Betawi itu dengan bahan taburan yang sudah kita persiapkan tadi, yakni kacang tanah dan pun kerupuk mi. Sajikan dalam suasana dingin.


Itulah sajian informasi singkat tentang resep asinan Betawi yang bisa kami sampaikan. Asinan betawi ini sangat sesuai untuk dijadikan cemilan dalam menemani masa-masa santai Anda. Selamat mengupayakan dan merasakan kuliner lezat tersebut.

0 Comments: