Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

1:21 PM


timun-suri,www.healthnote25.com
manfaat timun suri bagi kesehatan - www.healthnote25.com

 Timun suri adalah salah satu jenis buah-buahan yang mudah didatangi ketika bulan puasa. Hal ini disebabkan timun suri sering dipakai sebagai gabungan atau bahan utama penciptaan minuman penyegar guna berbuka puasa. Terlepas dari urusan tersebut, timun suri berisi sekian banyak  nutrisi yang paling baik guna kesehatan. Lalu apa saja guna timun suri guna kesehatan? Berikut ulasannya.

timun-suri,www.healthnote25.com
timun suri - www.healthnote25.com

Timun suri, disebut pun dengan nama mentimun suri, timun betik, ataupun barteh, mempunyai rasa yang ingin manis dan gurih serta tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia. Meskipun mempunyai nama “timun”, secara morfologi dan sitologi timun suri tidaklah sama dengan mentimun laksana yang telah tidak sedikit dikenal. Baca juga tulisan bersangkutan yaitu guna mentimun.

Berikut 13 guna timun suri untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat timun suri yang kesatu ialah dapat menolong meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan timun suri berisi kadar vitamin C yang lumayan tinggi. Selain menambah daya tahan tubuh, buah ini pun dapat membetulkan jaringan kulit dan sel tubuh yang rusak.

2. Menangkal Radikal Bebas

Khasiat timun suri memiliki sekian banyak  kandungan nutrisi laksana vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta sekian banyak  mineral lainnya. Semua kandungan itu berperan sebagai antioksidan yang selanjutnya dapat menolong menangkal radikal bebas yang berbahaya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat timun suri juga diandalkan  dapat mengawal kesehatan mata. Hal ini disebabkan timun suri berisi vitamin A. Di samping itu, buah ini pun berisi asam askorbat dan asam caffeic yang berperan guna menurunkan tingkat retensi air dan dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan pada mata.

4. Menjaga Tekanan Darah

Timun suri, yang mempunyai nama beda timun betik atau barteh, ini mempunyai kandungan potassium (kalium), magnesium, dan serat yang bisa berperan dalam menolong menjaga desakan darah supaya tetap dalam situasi stabil atau normal.

5. Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat timun suri pun dapat dipakai untuk kita yang hendak menjaga kesehatan sendi. Selain mengerjakan olahraga rutin, mendapat asupan makanan yang tepat pun penting untuk mengawal kesehatan sendi. Salah satunya dengan mengkonsumsi timun suri. Hal ini disebabkan timun suri berisi senyawa silika yang bisa berperan dalam memperkuat jaringan ikat, yang selanjutnya dapat menciptakan persendian menjadi lebih powerful dan sehat.

6. Mencegah Kanker

Timun suri berisi sebuah senyawa yang dinamakan dengan saponin. Dimana saponin adalahantioksidan alami yang berperan urgen dalam melawan radikal penyebab kanker. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi timun suri secara teratur dapat menolong Anda dalam menurunkan risiko terpapar kanker.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian melafalkan bahwa senyawa asam linoleat yang terdapat dalam timun suri bisa berperan dalam mengawal kesehatan jantung dengan teknik menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menangkal terjadinya pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.

8. Detoksifikasi secara Alami

Timun suri berisi air dan serat yang lumayan tinggi, dimana urusan itu dapat menolong mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi). Racun itu akan dilemparkan melalui saldo makanan, baik melewati urin ataupun feses.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Di samping berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kanker, vitamin C yang terdapat dalam timun suri pun sangat baik untuk mengawal kesehatan kulit. Dimana vitamin C bisa mendorong buatan kolagen, yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit.

10. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang terdapat dalam timun suri dapat menolong melancarkan pencernaan. Di samping itu, serat pun dapat mengikat lemak yang terdapat di dinding usus dan membuangnya lewat feses. Dengan begitu, urusan ini dapat menolong Anda dalam mendapat  sistem pencernaan yang lebih sehat.

11. Menjadi Sumber Energi

Manfaat timun suri yang selanjutnya pun dapat menjadi sumber makanan yang dapat meningkatkan energi ke dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, timun suri adalahsalah satu jenis buah yang dapat menambah stamina Anda supaya tetap motivasi dalam beraktivitas atau bekerja.

12. Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang sudah ketahui bahwa ginjal adalahsalah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Buah timun suri berisi sekian banyak  mineral, vitamin, dan campuran lainnya yang dapat menciptakan ginjal kita tetap sehat dan terlindungi dari sekian banyak  serangan penyakit yang bisa mengganggu faedah ginjal.

13. Pelepas Dahaga

Seperti yang telah dilafalkan sebelumnya, bahwa timun suri berisi kadar air yang lumayan tinggi. Oleh sebab itu, buah timun suri sangat sesuai digunakan atau dikonsumsi dalam format olahan minuman penyegar ketika waktu buka puasa guna pelepas dahaga.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts