Tuesday, May 8, 2018

, , , , , , , , , , , , , ,

Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

manfaat-kacang-polong-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaaat kacang polong bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Kacang polong untuk orang Indonesia memang tidak seterkenal kacang bogor, kacang kapri, sukro, kacang kedelai ataupun kacang tanah yang di rebus. Namun, bagi kamu yang pernah bermukim di luar negeri ataupun menyambangi restoran bertaraf internasional yang terdapat di Indonesia, kacang polong atau kacang ercis tentu familiar lagi.

manfaat-kacang-polong-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang polong bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Konon, eksistensi kacang polong di Indonesia diangkut oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan kolonial Belanda. Konsumsi kacang polong orang-orang Belanda lumayan tinggi, sebab mereka terbiasa mencampurkannya dalam menu keseharian dengan ragam masakan. 

Ada yang dijadikan salad, sup, sayuran, dibekukan, dijadikan bahan tepung dan lain-lain. Kacang polong menjadi di antara makanan kesayangan di luar negeri sebab di samping rasanya enak, manis dan bisa dijadikan pelengkap makanan berat, kaya bakal gizi.

Setelah kamu mengetahui kandungan guna kacang polong yang luar biasa, mungkin kamu akan segera berburu kacang polong. Berikut ini macam-macam guna kacang polong :

1. Untuk menolong meningkatkan masa otot

Kandungan protein nabati pada kacang polong terbilang lumayan tinggi dikomparasikan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada 100 gr kacang polong ada 8 gr protein nabati, nyaris setara dengan 28 gr daging sapi dengan kandungan protein 9 gr. 

Kandungan yang lumayan tinggi ini dapat memenuhi keperluan protein insan sehari-hari. Memasukkan kacang polong dalam menu diet kamu akan sangat menolong jika kamu dalam program menaikan masa otot, dan diperbanyak dengan asupan sumber protein lainnya seperti guna telur.

2. Menurunkan kolesterol

Menurut sejumlah penelitian, kandungan omega 3 pada kacang – kacangan bisa menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalahlemak tak bosan atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir keunggulan lemak bosan penyebab kolesterol.

3. Untuk mengayomi mata

Karotenoid atau istilah lainnya beta karoten adalahzat alami yang terdapat dalam sayur atau buah-buahan yang berwarna merah, kuning atau orange. Tapi tak menutup bisa jadi sayuran atau buah-buahan yang berwarna lain pun berisi beta karoten, seperti guna bayam dan kacang polong. 

Fungsi dari beta karoten ialah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A dan karenanya sebagai sumber vitamin A. Manfaat vitamin A di samping untuk menjaga kesehatan mata juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat menyerahkan pertahanan tubuh lebih optimal.

4. Meregenarasi kehancuran sel tubuh
 
manfaat-kacang-polong-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang polong bagi kesehatan - www.healthnote25.com
Manfaat vitamin C adalahsalah satu vitamin yang gampang hilang karena kegiatan fisik. Namun, vitamin C pun adalahzat antioksidan yang bermanfaat meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. 

Karena manfaatnya dalam urusan meregenerasi, maka vitamin C bakal sangat bermanfaat untuk keelokan seperti memperbaiki situasi rambut bobrok (kering, bercabang) sebab kekurangan vitamin C, memperbaiki situasi kulit kusam sebab vitamin C bisa memproduksi kolagen yang berkhasiat guna kulit kencang dan cerah.

5. Menurunkan gula darah

Kacang polong adalahmakanan yang kaya serat dan protein. Karena kadar serat dan protein yang tinggi inilah, maka kegiatan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu. Diet tinggi protein pun serat familiar sebagai terapi alami guna menurunkan gula darah.

6. Mencegah osteoporisis

Folat tidak sedikit ada pada sayur-sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan tergolong kacang polong. Peran folat tak melulu penting untuk bayi dalam kandungan untuk menolong perkembangan sel – sel, tetapi pun bermanfaat untuk orang tua atau dewasa. 

Hal ini berhubungan osteoporosis yang rentan terjadi pada orang dewasa menjelang tua. Folat menolong tubuh supaya homosistesin diolah menjadi metionin. 

Lalu, apakah tersebut homosistesin? Homosistesin ialah faktor penyebab resiko seseorang terpapar osteoporosis. Sehingga andai tubuh kelemahan folat, maka kadar homosistesin dalam darah bakal naik dan mengakibatkan osteoporosis.


7. Mencegah penyakit jantung

Omega 3 adalahlemak tak bosan yang berperan melawan lemak jahat atau kolestrol penyebab penyakit – penyakit akut laksana jantung. Disamping omega 3 ada pula kandungan zat lainnya yang baik guna kesehatan jantung laksana fitonutrien, sapion, flavanol. Flavanol berfungsi sebagai zat anti pembekuan darah, penyebab resiko penyakit jantung.

8. Pengganti daging untuk para vegetarian

Kandungan proteinnya yang tinggi, kaya serat namun rendah lemak. Juga, sangat sesuai bagi kamu yang sedang dalam program diet. Mengapa kacang polong sangat sesuai bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan? Jawabannya terdapat pada protein. 

Manfaat protein dapat menolong pembakaran lemak serta meminimalisir nafsu santap dan karenanya paling cocok untuk orang-orang yang dalam program penurunan berat badan. 

Sangat dianjurkan, mengkonsumsi kacang polong 2 sampai 3 jam sebelum kamu makan berat untuk meminimalisir nafsu makan untuk yang diet. Makanan kaya protein laksana kacang polong menciptakan rasa kenyang bertahan lebih lama.

9. Anti konstipasi

Nama beda dari kontipasi ialah sembelit, yaitu suasana pergerakan usus yang melambat atau tidak cukup lancar sehingga mengakibatkan feses keras dan kering. Umumnya, penyebab konstipasi ialah karena kelemahan serat dalam menu harian. 

Kemungkinan hal lainnya seperti hal kehamilan, umur renta, pengaruh obat, tidak cukup minum dan beda sebagainya. Untuk permasalahan konstipasi sebab masalah tidak cukup serat, kamu akan menemukan solusinya dalam kacang polong. 

Kandungan guna serat dalam kacang polong menjangkau 8,3 gr dalam masing-masing 100 gr kacang polong. Ini berarti masing-masing 100 gr kacang polong bakal memenuhi keperluan tubuhh bakal serat selama 33%.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat-kacang-polong-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang polong bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Kandungan antioksidan laksana karotenoid, flavonoid, polifenol, dan asam fenoleat. Zat antioksidan sangat berfungsi dalam urusan regenerasi sel-sel yang bobrok sehingga dapat menambah daya tahan tubuh yang berimbas pada keterampilan penyembuhan penyakit. Disamping itu, sebab kemampuannya dalam meregenerasi sel-sel yang rusak, maka guna antioksidan dalam dunia keelokan untuk mengawal elastisitas kulit.

0 Post a Comment:

Follow by Email