Monday, May 7, 2018

, , , , , , , ,

Manfaat Buah Nipah Bagi Kesehatan



manfaat-buah-nipah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah nipah bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Ekosistem mangrove adalah salah satu ekosistem lahan basah yang paling produktif. Produktifitas lahan basah itu berkisar 80 % tangkapan air laut yang bergantung baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap ekosistem mangrove maupun ekosistem pesisir. 

Produktifitas dan kompleksitas dari ekologi lingkungan yang khas menjadikan ekosistem mangrove sebagai habitat berkumpulnya tidak sedikit spesies baik tumbuhan, fauna maupun mikroorganisme yang adaptif terhadap lingkungan intertidal ini.

manfaat-buah-nipah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah nipah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Produktivitas dan keanekaragaman spesies itu menjadikan mangrove mempunyai nilai ekologi dan sosial ekonomi yang sangat dominan terhadap kehidupan masyarakat. Hal yang paling terpenting untuk manusia tersebut ialah ketersediaan sumber makanan, bahan bakar, bahan bangunan maupun sebagai obat-obatan. 

Salah satu area mangrove yang paling penting untuk kehidupan masyarakat ialah kawasan mangrove yang didominasi oleh nipah. Di samping sebagai di antara sumber perikanan, area tersebut pun telah dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam menciptakan kerajinan dari anyaman daun nipah sampai-sampai dapat membuat mata pencaharian baru untuk masyarakat sekitarnya.



Nipah lazimnya tumbuh di belakang susunan hutan mangrove sepanjang sungai mengarah ke muara. Di lokasi tersebut terdapat tidak sedikit endapan tanah yang berasal dari hulu sungai, sampai-sampai habitat sungai menjadi subur dan berlumpur dalam. Keadaan airnya pun relatif lebih baik dikomparasikan dengan di hulu sungai

Berikut ialah manfaat dari nipah :


1. Sumber Pangan

Manfaat nipah sebagai sumber pangan belum tidak sedikit diketahui oleh masyarakat. Sebagai sumber pangan, nipah mempunyai nira yang dapat diubah menjadi gula nira. Di samping itu, garam nipah dapat didapatkan dari daging pelepah yang tua. 

Bagian beda yang pun dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan ialah tunas nya. Bagian ini mesti merasakan proses yang lumayan panjang melewati penggalian sampai mendapatkan tunasnya pada unsur bawah. 

Tunah yang sudah diperoleh dibersihkan bersih memakai air yang mengalir lantas merebusnya dengan mengunakan air mendidih. Hal ini bertujuan guna menghilangkan getah yang masih menempel. Setelah direbus, tunas nipah ini siap diubah menjadi lauk pauk yang enak.



2. Bahan Bangunan

Masyarakat pesisir sudah mengetahui guna nipah sebagai bahan bangunan. Masyarakat memakai daun nipah guna dijadikan anyaman sampai membentuk atap. Anyaman atap yang berbahan dasar daun nipah mendapat  nilai ekonomis untuk masyarakat,

3. Penghasil tepung

Sebagai penghasil tepung, pastinya bagian dari nipah yang dimanfaatkan ialah bagian buahnya. Daging buah nipah diproses lebih lanjut melewati pemisahan daging dari tempurungnya. 

Setelah terpisah, daging buah itu dibersihkan, ditumbuk, lantas dijemur dibawah teriknya matahari. Tepung nipah berisi serat yang lumayan tinggi dengan kandungan lemak dan kalori rendah sehingga paling bermanfaat untuk yang hendak menjalankan diet.

4. Sebagai obat tradisional

Tumbuhan nipah berkhasiat sebagai obat sinusitis. Di samping itu, ekstrak tanaman nipah dapat menghambat sekian banyak  penyakit diantaranya ialah tuberkolosis, sakit tenggorokan, masuk angin, penawar racun maupun sebagai obat penenang. 

Kandungan zat penghambat peroksida lipid pada nipah dapat mengindikasikan efektifitas yang powerful terhadap penyakit tersebut. 

Di samping sebagai obat tradisional, nipah berisi ekstrakaktif yang berfungsi untuk menghambat penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini mengindikasikan adanya senyawa kimia tertentu yang berpotensi sebagai antioksidan.

5. Wisata pendidikan

Secara tersirat, guna nipah sebagai objek wisata telah dimanfaatkan secara turun temurun. Bukan melulu masyarakat selama saja, bahkan pelajar maupun mahasiswa memilih area mangrove khususnya wilayah nipah sebagai objek wisata. 

Selain merasakan indahnya komponen nipah yang berderet disepanjang sungai, pendidikan juga menjadi tambahan sebab tumbuhan ini memiliki tidak sedikit peranan yang penting dalam kelangsungan hidup sekian banyak  makhluk hidup.

0 Post a Comment:

Follow by Email