Tuesday, May 22, 2018

Lemang



lemang-www.healthnote25.com
lemang - www.healthnote25.com

 Lemang ialah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, sesudah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras ketan dicampur santan kelapa ini lantas dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dihanguskan sampai matang.


Lemang lebih nikmat dicicipi hangat-hangat. Cara mengonsumsi lemang berbeda-beda dari wilayah ke daerah. Ada yang senang menikmatinya dengan teknik manis (ditambah selai, kinca, serikaya) atau dengan teknik asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada pun yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.


Lemang dijadikan makanan perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Untuk suku Melayu, lemang biasa dicicipi saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Ulun Lampung di sebelah pesisir menjadi lemang sebagai penganan Lebaran dan kue adat.


Orang Minangkabau pun menyukai lemang, bahkan kota seperti  Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang". Lemang pun adalahmakanan orang asli  Negrito yang terdapat di Kelantan. dan suku Semai.

                                                             
Lemang pun adalah penganan khas legendaris masyarakat Samarinda yang diproduksi dan diperdagangkan oleh orang-orang Banjar di Jalan Pulau Sebatik, Samarinda.

0 Comments: