Wednesday, May 2, 2018

, , , , , , , , , ,

Klepon



klepon,www.healthnote25.com
klepon - www.healthnote25.com

 Klepon atau kelepon ialah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang tergolong ke dalam kumpulan jajan pasar. Makanan ini tercipta dari tepung beras ketan yang disusun seperti bola-bola kecil dan dipenuhi dengan gula merah kemudian direbus dalam air mendidih.

 Klepon yang telah masak kemudian digelindingkan di atas parutan kelapa supaya melekat, sampai-sampai klepon terlihat berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon ditaruh di dalam wadah yang tercipta dari daun pisang.

Di di Sumatera dan di Malaysia, klepon dinamakan "onde-onde", sementara di Jawa dan bagian beda di Indonesia penganan yang dinamakan Onde-onde ialah bebola tepung beras mengandung adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. 

Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini biasanya menjadi penyebab kesalahan dan kerancuan dalam menafsirkan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga dinamakan cetil) sebagai camilan di pagi atau senja hari. Warna klepon seringkali putih atau hijau tergantung selera. Bagi klepon dengan warna hijau, butuh ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

0 Post a Comment:

Follow by Email