Thursday, May 17, 2018

Ketupat



ketupat,www.healthnote25.com
ketupat - www.healthnote25.com


 Ketupat atau kupat ialah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibalut dengan pembungkus tercipta dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palma yang lain. Ketupat paling tidak sedikit ditemui pada ketika perayaan Lebaran hingga 5 hari berikutnya saat umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.


Makanan khas yang memakai ketupat, antara beda kupat tahu (Sunda), katupat kandangan (Banjar), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat disebut katupa), lotek, serta gado-gado yang bisa dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Ketupat pun dapat dihidangkan guna menyertai satai, meskipun lontong lebih umum.


Di samping di Indonesia, ketupat pun dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina pun dijumpai bugnoy yang serupa ketupat tetapi dengan pola anyaman berbeda.

ketupat,www.healthnote25.com
ketupat - www.healthnote25.com


Ada dua bentuk  utama ketupat yakni kepal bersudut 7 (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut 6. Masing-masing format mempunyai alur anyaman yang berbeda. Untuk menciptakan ketupat butuh dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang dan lebar, tidak terlampau muda dan tidak terlampau tua.


0 Comments: