Saturday, May 19, 2018

Kerupuk



kerupuk-www.healthnote25.com


 Kerupuk atau krupuk ialah makanan ringan  yang pada umumnya diciptakan dari adonan tepung tapioka dibaur bahan perasa seperti  udang atau ikan. Kerupuk diciptakan dengan mengukus adonan hingga matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.


 Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba santap utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.


Kerupuk tidak tidak jarang kali berbahan dasar tepung tapioka, namun lebih untuk 3 proses persiapan. Pembuatan, pengeringan, dan pemasakan (bisa digoreng dengan minyak ato pasir, atau dibakar).


Kerupuk bertekstur garing dan tidak jarang dijadikan pelengkap untuk sekian banyak  makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado.

Kerupuk udang dan kerupuk ikan ialah jenis kerupuk yang sangat umum dijumpai di Indonesia. Kerupuk berharga murah laksana kerupuk aci atau kerupuk mlarat hanya diciptakan dari adonan sagu dibaur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin.


Kerupuk seringkali dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk ikan dari jenis yang susah mengembang saat digoreng seringkali dijual dalam bentuk  sudah digoreng.

kerupuk-www.healthnote25.com

Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang susah mengembang butuh digoreng sejumlah dua kali. Kerupuk butuh digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dialihkan ke dalam wajan mengandung minyak goreng panas. Kerupuk kulit (kerupuk jangek) ialah kerupuk yang tidak diciptakan adonan tepung tapioka, tetapi dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan.

0 Comments: