Sunday, May 6, 2018

, , , , , , , , , , ,

Jamu

jamu,www.healthnote25.com
jamu - www.healthnote25.com



Jamu ialah sebutan guna obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal.


Jamu diciptakan dari bahan-bahan alami, berupa unsur dari tumbuhan laksana rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada pun menggunakan bahan dari tubuh hewan, laksana empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung pun dipergunakan guna tambahan gabungan pada jamu gendong.

jamu,www.healthnote25.com
jamu - www.healthnote25.com


Jamu seringkali terasa pahit sampai-sampai perlu diperbanyak madu sebagai pemanis supaya rasanya lebih bisa ditoleransi peminumnya. Bahkan terdapat pula jamu yang diperbanyak dengan anggur. Di samping sebagai pengurang rasa pahit, anggur juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.


Kabupaten Sukoharjo adalah sentra penjualan jamu tradisional yang lumayan dikenal di Indonesia. Kabupaten Sukoharjo adalahsalah satu kabupaten yang tergolong dalam 
Provinsi Jawa Tengah.


Dari banyaknya saudagar jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo, maka didirikanlah patung identitas Sukoharjo yakni patung Jamu Gendong yang terdapat di Bulakrejo. Biasa dinamakan patung Jamu Gendong sebab patungnya mencerminkan seorang petani dan seorang penjaja jamu gendong. 

Daerah Sukoharjo, terutama kecamatan Nguter, memang familiar sebagai wilayah asal penjaja jamu gendong di sekian banyak  kota besar, laksana Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya.


Di sekian banyak  kota besar ada profesi penjaja jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan. 

Selain tersebut jamu pun diproduksi di pabrik-pabrik jamu oleh perusahaan besar laksana Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer atau Djamu Djago, dan dipasarkan di sekian banyak  toko obat dalam kemasan sachet. 

Jamu laksana ini mesti dilarutkan dalam air panas terlebih dahulu sebelum diminum. Pada pertumbuhan selanjutnya jamu juga dipasarkan dalam format tablet, kaplet dan kapsul.

0 Post a Comment:

Follow by Email