Monday, May 14, 2018

Efek Sinar Biru Gadget Pada Kesehatan Mata


 
efek-sinar-biru-gadget-pada-kesehatan-mata,www.healthnote25.com
efek sinar biru gadget pada kesehatan mata - www.healthnote25.com

 Mulai dari bangun tidur, sampai tidur lagi, sebagian salah satu kita seolah-olah tak inginkan lepas dari smartphone. Khusus pemakaian di malam hari, misalnya saat menjelang tidur, terdapat hal pentingyang mesti diketahui.

Layar smartphone memancarkan sinar biru (blue light) yang dominan  buruk untuk mata kita. Kenapa dapat begitu? Simak rangkumannya inilah ini, sebagaimana dihimpun dari Business Insider, Selasa (29/3/2016).

1. Kerusakan retina
efek-sinar-biru-gadget-pada-kesehatan-mata,www.healthnote25.com
efek sinar biru gadget pada kesehatan mata - www.healthnote25.com

Paparan langsung sinar biru bisa menyebabkan kehancuran retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan bahwa kehancuran retina yang diakibatkan sinar biru dapat mengakibatkan degenerasi makula. Hal ini mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral--kemampuan untuk menyaksikan apa yang terdapat di depan Anda.

Namun penting dicatat, banyak sekali penelitian yang mengindikasikan efek ini berkaitan dengan cahaya biru yang dipancarkan paling dekat dengan retina, sampai-sampai menatap sinar biru di smartphone pada malam hari yang masih dalam batas wajar, tidak akan dominan  demikian.


2. Menimbulkan katarak

Tidak tertutup bisa jadi adanya hubungan antara katarak dan sinar biru, meskipun riset lebih lanjut tentang hal ini masih diperlukan. GigaOM mengutip pengakuan seorang dokter mata yang melafalkan dia mulai menyaksikan orang-orang berusia 35 tahun mempunyai mata berawan dengan katarak laksana orang-orang berusia 75 tahun.

Meskipun satu pengakuan ini tidak dapat begitu saja memperlihatkan bahwa penyampaian sinar biru mengakibatkan katarak, dokter tersebut melulu menyampaikan terdapat hubungan salah satu keduanya. 

Hal ini tidak dihitung sebagai bukti konkret dan masih sedang diselidiki. Meski sejumlah riset ternyata belum memutuskan apa pun, tidak terdapat salahnya guna berhati-hati.

3. Merusak siklus istirahat alami

Sinar biru mengganggu buatan melatonin--hormon yang menolong mengatur siklus tidur. Otak seseorang mulai memproduksi melatonin saat ia siap istirahat dan sinar biru dari smartphone mengganggu proses buatan tersebut.

Itulah sebabnya kenapa smartphone merusak siklus istirahat alami. Apa dampaknya? Banyak! Siklus istirahat yang terganggu mengakibatkan gangguan kesehatan mulai dari obesitas sampai gangguan genetik dan masalah kenangan lainnya.

4. Risiko kanker lebih tinggi

Selain menolong kita tidur, melatonin juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sementara riset lebih lanjut masih diperlukan, semua peneliti menemukan akibat buruk lainnya dari sinar biru.

Orang yang buatan melatonin alaminya ditekan, misalnya sebab paparan sinar biru, berisiko lebih tinggi guna mengidap sekian banyak  kanker, khususnya kanker payudara dan prostat, meskipun hubungan sebab-akibat secara langsung belum ditemukan.

5. Rentan terhadap depresi

efek-sinar-biru-gadget-pada-kesehatan-mata,www.healthnote25.com
efek sinar biru gadget pada kesehatan mata - www.healhtnote25.com

Penelitian pun menunjukkan bahwa orang-orang yang tingkat melatoninnya ditekan dan jam tubuhnya dikacaukan oleh penyampaian sinar biru lebih rentan terhadap depresi.

0 Comments: