Thursday, May 3, 2018

, , , , , , , , , , ,

Cara Gampang Membuat Abon Udang

cara-gampang-membuat-abon-udang,www.healthnote25.com
cara gampan membuat abon udang - www.healthnote25.com




Penggunaan udang sebagai lauk-pauk pun sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama di pulau Jawa. Biasanya udang dimasak sebagai bahan ekstra pada sambal goreng, atau dalam format makanan yang lainnya. 

Sebetulnya bila dalam format pembuatan seperti tersebut udang gak akan dapat bertahan lumayan lama. Nah format masakan udang yang dapat tahan lama dan punya rasa yang paling gurih ini ialah abon udang.

cara-gampang-membuat-abon-udang,www.healthnote25.com
cara gampang membuat abon udang - www.healthnote25.com



Bahan-bahan

Udang basah 1/2 kg
Bawang merah 1/2 ons
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 2 jimpit
Kemiri 1/2 ons
Gula pasir 2 sdm
Garam secukupnya
Cara Membuat Abon Udang

Langkah kesatu yang mesti anda lakukan ialah mengupas kulitnya, dan pun mengambil kepala dan ekornya.

Udang-udang yang telah dikupas tadi lantas kita cuci dengan air bersih dengan memakai panci.

Udang yang telah bersih kemudian dimasak. Caranya, udang yang sudah dimurnikan dimasukkan ke dalam air mendidih yang sudah dipersiapkan. Dan terus dipanaskan selama tidak cukup lebih 10 menit.

Udang yang sudah dipanaskan kemudian diusung dan ditumbuk sampai lumayan halus dan merata, supaya hasilnya lebih optimal dapat dengan memakai mesin pembuat abon. Kalau terdapat air bekas masakan, maka air itu harus disimpan.

Laos yang kecil anda gepuk dengan muntu diatas cobek, lantas ketumbar, gula pasir yang telah disediakan digerus bersama-sama. Setelah lumayan lembut diberi garam secukupnya dan terus digerus hingga lembut.

Udang yang telah ditumbuk dibaur dengan bumbu yang telah lembut hingga rata.

Langkah selanjutnya yakni memarut setengah buah kelapa yang lumayan tua. Parutan 
kelapa diperas tanpa meningkatkan air putih, sehingga didapatkan santan kental. Alat yang dipakai yaitu kalo, panci, dan mesin parut kelapa (agar didapatkan hasil parutan yang baik).

Tambahkan santan secukupnya pada udang yang telah dibumbui, lantas tambahkan air bekas masakan pada udang yang telah dibumbui.

Bawang merah dan bawang putih yang telah kita bahas diiris tipis-tipis. Kemudian irisan-irisan bawang tersebut digoreng sampai lumayan masak.

Campurkan gorengan irisan-irisan bawang merah dan bawang putih pada udang yang sudah dibumbui dan dibaur dengan air bekas masakan/santan.

Lalu anda masak hingga matang, namun ingat, tidak boleh memasak terlampau lama karena dapat jadi gosong, jadi anda hentikan proses penggorengannya sesudah warna abonnya telah berwarna kuning kecokelatan.

0 Post a Comment:

Follow by Email