Thursday, May 10, 2018

Melon Tanduk



melon-tanduk,www.healthnote25.com
melon tanduk - www.healthnote25.com


Melon tanduk, disebut pun melano, ialah tanaman merambat yang nama binomialnya Cucumis metuliferus yang berasal dari Afrika. Dan ditanam untuk diambil buahnya, buahnya berbentuk oval dengan tanduk. 

Buah dari tumbuhan ini dapat dimakan, tetapi juga digunakan sebagai hiasan rumah. Walaupun melon tanduk berasal dari Gurun Kalahari, tumbuhan ini kini dibudidayakan di California dan Selandia Baru.


melon- tanduk,www.healthnote25.com
melon tanduk - www.healthnote25.com


 Serat buah yang berwarna hijau-gelap ini mempunyai rasa yang menyegarkan dan tampak sangat serupa dengan pisang, mentimun, limau, atau markisa. Melon tanduk juga digunakan sebagai dekorasi makanan penutup laksana kue keju, puding, saus, muffin, sundae, dan pavlova. Melon tanduk juga dapat dipakai guna jus. Penggunaan lainnya juga dapat dilihat di kitab John Maloney berjudul "Cooking with Melons".


Di Zimbabwe, buah ini dinamakan 'gaka' atau 'gakachika' dan dimakan sebagai makanan ringan, salad atau dekorasi rumah. Dan dimakan ketika buahnya masih muda, hijau ketika tua atau saat sudah matang - kuning terang/jingga. Namun, sejumlah orang tidak mempedulikan buahnya sampai berjamur di ladang guna musim kemarau depan supaya berbiji/tumbuh.

melon-tanduk,www.healthnote25.com

melon  tanduk - www.healthnote25.com


Rasa melon tanduk lebih serupa mentimun Inggris, tetapi lebih segar dan lebih alami. Beberapa orang pun memakan kulitnya. Tanaman ini pun mempunyai jenis yang tidak mempunyai tanduk, tetapi rasa dan penampilannya tetap sama.





0 Comments: