Thursday, May 17, 2018

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan


manfaat-rumput-laut-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat rumput laut bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Bagi kita yang menyenangi makanan laksana sushi atau onigiri, sudah tentu tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Rumput laut masuk ke dalam kumpulan algae dan terdiri dari sejumlah tipe laksana alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. 

Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia. Namun, tahukah kita bahwa rumput laut tidak hanya lezat, tapi pun bermanfaat untuk kesehatan? Apa saja guna rumput laut guna kesehatan tubuh?


Apa saja guna rumput laut?

Rumput laut disebut pun sayuran laut, atau marine vegetables. Kita tahu bahwa sayuran mempunyai kalori yang rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame mempunyai berisi tidak cukup dari 20 kalori. Mau tahu apa saja guna rumput laut untuk kesehatan? Simak inilah ini:

1. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut, laksana rumput laut cokelat, berisi pigmen fucoxanthin, yang dapat menolong metabolisme tubuh untuk mengolah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah riset yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang ada pada rumput laut cokelat) dapat menolong sekitar 75% untuk merintangi penyerapan lemak pada usus.


2. Membantu mempercepat pengobatan luka

Manfaat rumput laut yang tak kalah penting ialah membantu luka supaya cepat sembuh. Rumput laut kaya bakal vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat menyusun gumpalan/pembekuan darah. 

Vitamin K bakal mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengoleksi darah dan membekukannya, sehingga ketika Anda terluka, luka itu akan berhenti mengalir. Anda dapat memilih jenis rumput mana pun, tetapi perlu diketahui bahwa wakame mempunyai kandungan vitamin K yang lebih sedikit.


3. Menguatkan tulang dan gigi

Rumput laut pun berisi kalsium. Jika kita alergi terhadap susu sapi, pertimbangkan makanan beda yang berisi kalsium. Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, selama 6 % dari keperluan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat dominan  pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.


4. Meningkatkan energi

Kandungan lainnya yang ada pada rumput laut ialah zat besi. Manfaat yang dapat Anda dapatkan dari zat besi ialah memproduksi energi yang perlu untuk dihanguskan oleh tubuh ketika melakukan kegiatan harian. 

Kurangnya zat besi dapat mengakibatkan anemia, sampai-sampai Anda menjadi gampang lemah dan lesu. Anda dapat menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut meluangkan 1,1 atau 0,8 mg zat besi. 

Memasukkan rumput laut ke dalam makanan keseharian dapat menolong Anda mencapai keperluan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi guna perempuan.


5. Baik guna penderita diabetes dan kolesterol

Rumput laut pun berisi omega-3 asam lemak. Selembar rumput laut mempunyai kandungan omega-3 asam lemak yang sama dengan dua alpukat. Fungsi dari omega-3 asam lemak ialah meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta meminimalisir kolesterol jahat atau LDL.


6. Terhindar dari pembengkakan kelenjar tiroid

Kandungan yodium yang terdapat pada rumput laut ini adalah sesuatu yang lumayan jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting  untuk menjaga tiroid yang sehat. 

Tiroid yang bermasalah bisa menyebabkan sejumlah gejala laksana rasa lemah, otot juga melemah, kolesterol tinggi, bahkan pada permasalahan yang parah bisa menyebabkan situasi medis yang serius laksana gondok, jantung berdebar-debar, serta kenangan yang terganggu.


7. Melawan penyakit

Vitamin yang terdapat pada rumput laut memang banyak, laksana magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut ialah antioksidan. 

Di samping berisi flavonoid, rumput laut pun berisi antioksidan tinggi lainnya laksana karotenoid. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk mencegah kehancuran tubuh dampak radikal bebas, serta baik guna kesehatan kardiovaskular.


8. Memperlambat penyebaran kanker payudara

Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat menata kadar estrogen, sampai-sampai risiko terpapar kanker payudara juga berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini dipakai sebagai pengobatan sekian banyak  penyakit, atau memastikan perlindungan terhadap penyakit.


0 Comments: