Manfaat Kemunting Bagi Kesehatan

1:08 PM
manfaat-kemunting-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kemunting bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Kemunting yang memiliki nama latin (Melastoma affine). Tanaman yang satu itu, di kenal orang Minang dengan nama Karamuntiang. Ia mudah tumbuh diatas bukit, terutama tanah liat bercampur pasir. Tumbuhan ini dapat memiliki sebutan yang tidak sama di tidak sedikit daerah : Senduru (Kalimantan), Haramonting (Sumatera Utara), serta Harendong Sabrang (Jawa Barat).


Tanaman tersebut berasal dari Asia Selatan serta Asia Tenggara serta pada kesudahannya menyebar ke wilayah tropis serta subtropis sampai ketinggian 2400 m. Kemunting mempunyai perkembangan yang cepat serta dapat mencapai elevasi 4-12 m. 

Letak daun berlawanan, daun berupa oval, sisi atas daun berwarna hijau mengkilap, sisi bawah daun berwarna abu-abu berbulu. Panjang daun 5-7 cm serta lebar 2-3,5 cm. Bunga tunggal atau berkelompok (klaster) 2-3 bunga, diameter 2,5-3 cm dengan warna beragam dari merah muda (pink) sampai ungu dengan benang sari tidak sedikit serta tidak beraroma.


Buah kemunting berupa lonjong dengan ukuran panjang 1-1,5 cm. Mendekati masak, buah yang mula mulanya berwarna hijau berpindah jadi merah kecokelatan sampai hitam. Kulit buah sebagaimana beludru. 

Buah yang masak berwarna ungu, lunak, dengan 40-45 biji didalamnya. Daging buah sebagaimana anggur, hanya terasa lebih mempunyai serat, tidak terlalu mempunyai kandungan air, serta terasa manis.

Berikut guna dari tumbuhan kemunting guna kesehatan :

1. Ekstrak antosianin dari buah kemunting diadukan mempunyai antioksidan yang kuat. Antioksidan diperlukan untuk mengelak atau kurangi penyakit diakibatkan radikal bebas.


2. Melawan metrorrhagia pemicu pendarahan pada wanita. Kandungan buah tersebut dapat tingkatkan hemoglobin, jumlah sel darah merah, serta tingkatkan antianoxic.


3. Dapat sebagai pembasmi nyeri, menyingkirkan pembengkakan, memperlancar aliran darah serta dapat hentikan pendarahan. sejumlah bagian yang dapat dipakai sebagai obat yakni akar, daun, serta buah. Akar dapat direbus kemudian di minum, daun dapat di tumbuk atau di keringkan lalu digunakan di unsur yang terluka atau berdarah.


4. Beberapa orang tua mula-mula kerap merebus akarnya, guna menyembuhkan muntah darah. Masyarakat Malaysia, pun kerap menggunakan ramuan ini, semenjak dulu. Air rebusannya (kurang lebih 150 ml) diminum tiga kali satu hari sepanjang tiga hari.


5. Daunnya pun dapat menyembuhan herbal guna penyakit diabetes,


6. Kemunting bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sakit perut. Ambil pucuk daun, kemudian di rebus serta airnya diminum. Insya Allah sakit perut jadi pulih.


7. Khusus guna ibu yang melahirkan, pucuk daun kemunting dapat digunakan untuk obat sesudah bersalin. Tambah baik lagi bila digabungkan dalam rebusan daun inai, daun hati-hati serta daun jambu. Orang yang telah coba, diyakni bisa memperkecil rahim.

Demikianlah guna tanaman kemunting guna kesehatan. Semoga informasi yang diserahkan bisa berfungsi dan bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts