Wednesday, May 2, 2018

, , , , , , , ,

Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan


Tuna tergolong dalam family Skombride. Ikan Tuna mempunyai tubuh bulat meruncing ke dasar ekor, ramping dan ekor berbelah atau berbentuk bulan sabit. Ikan ini lazimnya berwarna gelap di sisi atas dan keperakan di sisi bawah. Berikut tulisan mengenai guna ikan tuna guna kesehatan.

manfaat-ikan-tuna-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan tuna bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Ikan tuna mempunyai daging yang berwarna merah muda hingga merah tua daripada banyak sekali ikan lainnya, urusan ini disebabkan kandungan myoglobin pada otot tuna yang lebih banyak. Berikut ini sejumlah manfaat ikan tuna untuk kesehatan.

Berikut 10 guna ikan tuna untuk kesehatan :

1. KESEHATAN JANTUNG

Ikan tuna kaya bakal asam lemak omega-3 yang sangat berfungsi untuk menjaga faedah jantung, yaitu menambah rasio fokus HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, mengurangi terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah, dan mengawal ritme jantung.

2. MENCEGAH KANKER

manfaat-ikan-tuna-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan tuna bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Ikan tuna pun dapat berkontribusi untuk menangkal kanker, tergolong kanker kanker payudara, leukemia, ovarium, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang drainase pencernaan beda (kanker mulut, faring, kerongkongan, lambung, dan usus) sebab kandungan asam lemak omega-3 yang berlimpah.

3. MENINGKATKAN FUNGSI KOGNITIF OTAK

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna pun dapat menolong meningkatkan faedah fungsi kognitif otak, sampai-sampai dapat terhindar dari penyakit degenerasi laksana Alzheimer sebab membantu memperlancar suplai darah dari tubuh ke otak.


4. MEMBANTU DETOKSIFIKASI

Selenium bareng dengan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan tuna, adalahunsur urgen untuk memproduksi glutation peroksidase yang berfungsi untuk kesehatan hati yang berkontribusi terhadap detoksifikasi.

5. MENJAGA KESEHATAN OTOT

Ikan tuna pun mempunyai kandungan protein yang lumayan tinggi yang berfungsi untuk mengawal kesehatan otot. Disamping tersebut juga bermanfaat untuk darah, kulit, rambut dan kuku.

6. MENURUNKAN TRIGLISERIDA

Trigliserida ialah konstituen utama dari lemak nabati dan hewani. Mengkonsumsi ikan tuna selama dua kali dalam seminggu, bisa menurunkan kadar trigliserida. Pada dasarnya tingkat HDL diinginkan lebih tinggi dari tingakat LDL. Oleh sebab itu, menurunkan menurunkan tingkat trigliserida adalahsalah satu teknik untuk mencapai ekuilibrium kolesterol tersebut.

7. KESEHATAN MATA

Beberapa tahun terakhir, sudah terjadi peningkatan permasalahan sindrom mata kering karena tidak sedikit orang yang menguras waktu mereka bekerja pada komputer dan laptop sekitar berjam-jam. 

Ikan tuna berisi asam lemak omega 3 yang juga berfungsi untuk mengawal kesehatan mata, tergolong sindrom mata kering dan gangguan penglihatan karena hal usia lanjut. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara tertata dalam jangka panjang, Anda bakal terhindar dari sekian banyak  masalah penglihatan.



8. MENINGKATKAN IMUNITAS
manfaat-ikan-tuna-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan tuna bagi kesehatan - www.healthnote25.com

DHA dalam ikan tuna juga sehubungan dengan penambahan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, bayi yang mengkonsumsi susu rumus yang diperkaya dengan minyak ikan, mempunyai protein lebih tinggi yang bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh dikomparasikan dengan bayi yang melulu minum susu rumus atau susu sapi.


9. MENCEGAH EKSIM

Berdasarkan keterangan dari hasil studi Swedia, asam lemak omega-3 dapat menolong mengurangi peradangan di semua tubuh, tergolong kulit. Menambahkan potongan salmon atau ikan tuna ke dalam ASI bayi kita sebelum umur 9 bulan, bisa membantu mengayomi anak-anak dari risiko alergi.

10. BAIK UNTUK WANITA HAMIL

Ikan tuna pun mengadung kalori, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak yang baik guna kesehatan perempuan yang sedang hamil. Disamping tersebut nutrisi tersebut pun baik guna kesehatan bayi dalam kandungan.

0 Post a Comment:

Follow by Email