Sunday, May 13, 2018

Manfaat cumi-cumi Bagi Kesehatan Tubuh


manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat cumi cumi - bagi kesehatan - www.healthnote25.com


 Tekstur dari cumi-cumi yang kenyal dan rasanya yang gurih menciptakan makanan laut ini menjadi di antara menu kesayangan para pencinta seafood. Tapi tidak melulu menggugah selera, ternyata cumi-cumi pun diperkaya dengan kandungan gizi yang lumayan lengkap. Lantas, apa saja guna cumi-cumi guna kesehatan?

Apa saja guna cumi-cumi guna kesehatan?

1. Menurunkan kolesterol berkat kandungan lemak sehatnya

Cumi mentah mempunyai total kandungan lemak dan kalori yang paling rendah. Setiap 100 gram cumi-cumi melulu berisi 1,2 gram lemak total, tapi melulu 0,5 gram saja yang adalahlemak jenuh.


Lemak tak jenuh dirasakan sebagai lemak ‘sehat’ dan urgen untuk dimasukkan sebagai unsur dari pola santap sehat. Lemak sehat sebagai salah satu guna cumi-cumi ini menolong mengurangi kolesterol tinggi dengan menambah kolesterol baik (HDL), dan mengawal kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).
manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat cumi - cumi bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Di samping itu, lemak tak jenuh bermanfaat sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Lemak tak bosan juga menolong tubuh menyerap jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak, contohnya vitamin A, D, E dan K.


2. Membangun otot sebab tinggi protein

Cumi-cumi adalahsumber protein yang baik. Setiap 100 gram cumi-cumi meluangkan 16 gram protein, atau selama 30 persen dari nilai asupan harian yang diperlukan pria dewasa. 

Protein ini diperlukan tubuh dalam membina otot yang sehat, tetapi pun penting guna diet sebab membantu mengontrol nafsu makan. Tubuh memproses protein secara perlahan sampai-sampai perut bakal terasa kenyang lebih lama.


3. Memasok keperluan vitamin harian tubuh

manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat cumi - cumi bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Manfaat cumi-cumi lainnya ialah memasok keperluan vitamin dan mineral harian tubuh. Setiap 100 gram cumi-cumi berisi sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E. 

Di samping vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang dapat didapatkan antara beda 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium masing-masing 100 gram cumi-cumi. Vitamin dan mineral itu memegang peranan urgen dalam pertumbuhan tubuh.


4. Rendah kandungan merkuri

Keamanan pangan laut tidak jarang kali menjadi kekhawatiran tidak sedikit orang sebab bahaya merkuri yang bersembunyi di baliknya. Merkuri sudah lama diketahui dapat dominan  buruk pada sistem saraf tubuh. 

Untungnya, menurut keterangan dari laporan 
Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), kandungan merkuri pada cumi-cumi tergolong rendah dan tidak pada tingkatan yang membahayakan sampai-sampai aman guna dikonsumsi.


Tapi tidak boleh juga terlampau berlebihan santap cumi-cumi

Kandungan nutrisi dalam cumi-cumi yang terbilang baik bisa pulang menjadi senjata santap tuan untuk tubuh andai Anda keliru teknik mengolahnya. Cumi-cumi biasanya digoreng tepung dalam minyak banyak, sampai-sampai akan menciptakan nilai kandungan kalori dan lemak bertambah menjadi dua kali lipat.

manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat cumi - cumi bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Padahal, cumi tersebut sendiri mempunyai kolesterol yang lumayan tinggi (221 mg) yang sudah memenuhi keperluan kolesterol harian senilai 73 persen. Jika kita berlebihan mengonsumsi cumi-cumi, urusan bisa dominan  pada tingkat kolesterol Anda.

Kolesterol tinggi dalam darah dapat menambah risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, lebih baik tumis cumi-cumi dengan minyak zaitun, dipanggang, atau sebagai gabungan dalam sop seafood tanpa mesti digoreng.


Orang-orang yang punya alergi seafood usahakan hindari santap cumi

manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat cumi - cumi bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Terutama guna Anda yang punya alergi makanan, sepatutnya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi cumi. Jika Anda menikmati gejala-gejala berikut, segera berhenti santap cumi-cumi meski cuma sedikit:

  • Pusing dan mual
  • Lidah gatal-gatal
  • Kulit gatal-gatal; hadir ruam dan bintik merah; terasa panas
  • Wajah memerah
  • Kelelahan
  • Pingsan



0 Comments: