Dehidrasi

12:32 PM



dehidras, www.healthnote25.com
dehidrasi - www.healthnote25.com


 Dalam ilmu fisiologi, dehidrasi ialah kondisi di mana terjadi kelemahan kandungan air pada tubuh secara keseluruhan, disertai dengan gangguan proses metabolisme tubuh. Dehidrasi pun dapat mengakibatkan gangguan ekuilibrium zat elektrolit di dalam tubuh, laksana hipernatremia (tingginya kandungan ion natrium di dalam darah).

Dehidrasi muncul saat air yang keluat  dari tubuh jumlahnya melebihi air yang masuk, umumnya sebab olahraga atau penyakit, namun pun dapat diakibatkan karena cuaca tinggi. Kebanyakan orang bisa mentoleransi 3 s/d 4 persen penurunan kandungan air di dalam tubuh tanpa mengalami fenomena gangguan kesehatan.

Penurunan 5 s/d 8 persen dapat mengakibatkan rasa lelah dan pusing-pusing. Kekurangan lebih dari 10% kandungan air di tubuh dapat mengakibatkan penurunan kemampuan jasmani dan jiwa, diperbanyak rasa haus yang paling tinggi. Kematian dapat hadir pada situasi tubuh kelemahan antara 15 s/d 25 persen dari kandungan air di tubuh.

Dehidrasi ringan  umumnya ditandai dengan rasa haus dan tidak cukup enak badan, serta lazimnya dapat disembuhkan dengan rehidrasi (minum air).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts