Thursday, May 3, 2018

, , , , , , , , , , ,

Cara Gampang Membuat Abon Sapi

cara-gampang-membuat-abon-sapi,www.healthnote25.com
abon sapi - www.healthnote25.com



Abon yang satu ini memang telah jadi ciri khas, sebab memang rasanya yang enak, punya kualitas yang baik, dan nyaris di setiap wilayah di Indonesia tentu ada, abon sapi ini termasuk produk olahan daging yang awet, makanya dapat kita simpan sekitar berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Untuk menjaga mutunya sekitar penyimpanan, abon dikemas dalam kantong plastik dan diblokir dengan rapat.

Kalau dari sisi teknologinya sendiri, penciptaan abon tersebut relatif mudah, gak butuh modal yang besar dan telah lama dikenal dan disukai di kalangan masyarakat di Indonesia. Jadi, penciptaan abon ini punya proses yang baik untuk dapat kita kembangkan sebagai industri kecil atau industri lokasi tinggal tangga.

Cara Membuat Abon Sapi

cara-gampang-membuat-abon-sapi,www.healthnote25.com
bon sapi - www.healthnote25.com


  1. Langkah kesatu yang mesti anda lakukan ialah memotong daging sapi hingga menjadi tetelan daging. Jangan tak sempat untuk melemparkan lemak dan jaringan ikat dari semua permukaannya. Lalu anda potong-potong menjadi kecil, lantas kita cuci dengan air bersih sampai-sampai bebas dari kotoran dan saldo darah.
  2. Daging yang sudah dibersihkan tadi anda timbang seberat 5 kg, atau berapapun sesuai kemauan kalian.
  3. Rebus potongan-potongan daging itu dalam air mendidih sekitar 30-60 menit.
  4. Setelah didinginkan, tumbuk daging yang sudah direbus dengan cobek dan alu, kemudian pisahkan serat-seratnya dengan memakai garpu. Namun, supaya hasilnya lebih optimal dan mudah dapat dengan memakai mesin pembuat abon.
  5. Timbang bumbu-bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur.
  6. Tumbuk bumbu-bumbu yang sudah ditimbang itu satu per satu hingga halus, campur dan aduk hingga semuanya tercampur secara homogen, maksudnya hingga tercampur rata, kemudian tumis dengan tidak banyak minyak goreng dalam wajan.
  7. Langkah selanjutnya yakni kita timbang daging kelapa seberat 3 kg, kemudian parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  8. Masukkan santan yang didapatkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang sudah disuwir-suwir (dipisahkan dalam format serat daging) dan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan, aduk hingga merata, kemudian panaskan di atas kompor hingga kering dan tiriskan di atas.
  9. Panaskan sejumlah 0.5 liter minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging yang sudah dipersiapkan tidak banyak demi tidak banyak dan goreng hingga kering dan berwarna cokelat muda, kemudian tiriskan dan dinginkan di atas. Tapi hati-hati, tidak boleh sampai terlampau gosong loh ya, nanti buat rasanya jadi pahit dan gak enak.
  10. Abon yang telah matang dapat kita kemas dalam kantong plastik atau kemasan lainnya.


0 Post a Comment:

Follow by Email