Sunday, May 20, 2018

Bakpia


bakpia,www.healthnote25.com
bakpia - www.healthnote25.com


 Bakpia ialah makanan yang tercipta dari gabungan kacang hijau dengan gula, yang dibalut dengan tepung, kemudian dipanggang. Istilah bakpia sendiri ialah berasal dari logat Hokkian (Hanzi: 肉餅), yakni dari kata "bak" yang berarti daging babi dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di sejumlah daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.


Bakpia termasuk di antara masakan yang populer dari keluarga  Cina atau Tionghoa. Bakpia yang lumayan dikenal salah satunya berasal dari wilayah Pathuk (Pathok), Yogyakarta, sampai-sampai dikenal dengan sebutan Bakpia Pathuk. 

Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diolah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.


Di dusun Pathuk, dulunya warga tidak mengenal istilah "merek", sampai-sampai bakpia yang dipasarkan hingga ketika ini berlabel "nomor lokasi tinggal produsen", contohnya nomor 75, 25, 531, 125, dan beda sebagainya. Lalu muncul sejumlah merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, laksana Djava, Ayu, Vista, dan lain-lain.


Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit  para wisatawan yang berkunjung  ke Yogyakarta. Bakpia dapat didapatkan di toko bakpia atau toko yang memasarkan oleh-oleh khas Yogyakarta.

bakpia,www.healthnote25.com

Ada lebih dari 100 brand  bakpia. Di antara bakpia yang sering ditelusuri oleh pembeli merupakan Bakpia Kurniasari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, Snack It Pia 100 (biasanya dipasarkan di minimarket terkemuka), dan Bakpia Kencana. Masing-masing brand  memiliki karakteristik yang unik.

0 Comments: