Wednesday, August 1, 2018

Asam retinoat



asam-retinoat,www.healthnote25.com


Asam retinoat (bahasa Inggris: retinoic acid, retinoate) adalah senyawa metabolit vitamin A. Baik retinol, asam retinoat dan beberapa retinoid sintetik merupakan komponen intrinsik yang penting dalam regulasi diferensiasi sel epitelial dan pencegahan neoplasma.


Asam retinoat meningkatkan produksi aktivator plasminogen jaringan, yang memicu peningkatan aktivitas plasmin seluler dan mengaktivasi TGF-β.


Pada model ayam, asam retinoat menunjukkan efektifitas lebih tinggi daripada retinol saat mengubah metaplasia yang menjadi telah keratin, menjadi metaplasia mukus. Methylketocyclopentenyl dan 1-methoxyethylcyclopentenyl, senyawa analog dari asam retinoat-β, paling tidak 50 kali lebih efektif daripada asam retinoat, untuk menghambat hiperplasia yang diinduksi oleh karsinogen.


Senyawa retinoid asam retinoat lain, seperti all-trans retinoic acid, 13-cis retinoic acid, dan arotinoid Ro 13-6298, sangat efektif menghambat aktivitas transglutaminase pada sel karsinoma skuamus SCC-13, tanpa adanya hormon hydrocortisone.

0 Comments: