Friday, August 10, 2018

Bendi



bendi-www.healthnote25.com
bendi - www.healthnote25.com



Bendi (Abelmoschus esculentus Moench, (bahasa Inggris: lady's fingers, okra, atau gumbo) adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia kini. Dulunya tumbuhan ini termasuk dalam genus Hibiscus, namun kini diubah menjadi termasuk genus Abelmoschus. Ia banyak ditemui di kawasan tropis.


Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Rasanya renyah dengan tektur mirip terung.


Sayuran ini bisa diolah menjadi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis. Tanaman ini buahnya diyakini secara ilmiah berkhasiat untuk kesehatan dan beberapa penyakit diantaranya: mencuci hati(lever), menstabilkan kadar gula darah,melumasi/ melicinkan usus besar,mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang orang tua,Membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran usus Baik di konsumsi untuk mengurangi perasaan murung, sedih, letih dan rasa tidak nyaman, merawat ulcer dan mengurangkan kekejangan di persendian Menetralkan asam lambung, meringankan radang paru paru, sakit kerongkongan dan ambeien/wasir.

0 Comments: