Friday, July 13, 2018

Ambliopi

ambliopi-www.healthnote25.com
ambliopi - www.healthnote25.com





Ambliopi atau Amblyopia (lazy eye) adalah pengurangan ketajaman visual pada mata yang mengganggu perkembangan penglihatan selama masa bayi dan anak usia dini.


Penurunan fungsi penglihatan ini terjadi karena adanya kegagalan stimulasi penglihatan atau tidak cukup kuatnya stimulasi yang ditransmisikan dari saraf optikus ke otak pada periode tertentu. Hal ini dapat terjadi bahkan pada mata dengan struktur normal.


Amblyopia biasanya hanya terjadi pada satu mata, tetapi dapat pula mempengaruhi kedua mata. Kondisi ini merupakan penyebab utama penurunan penglihatan pada anak-anak.


Jika tidak diobati, amblyopia bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan penglihatan ringan sampai parah. Amblyopia terjadi ketika jalur saraf antara otak dan mata tidak dirangsang dengan baik. Hal ini menyebabkan suatu kondisi dimana otak hanya mengutamakan respon sinyal saraf dari satu mata.


Mata yang lemah cenderung diabaikan sehingga membuatnya kehilangan fungsi dan kemampuan normalnya. Perawatan amblyopia bisa dilakukan dengan memakai kacamata korektif, patch mata, atau dalam kasus yang berat dilakukan pembedahan.

0 Comments: