Friday, July 13, 2018

Adipositas



adipositas-www.healthnote25.com
adipositas - www.healthnote25.com


Adipositas adalah kelebihan timbunan lemak pada tubuh. Grafik pertumbuhan yang biasanya dijadikan sebuah ukuran dapat memperkuat kesan kegemukan jika berat menurut tinggi melebihi 120% standar (median) berat badan menurut tinggi badan.


Indeks masa tubuh (IMT) dapat dihitung sebagai berat badan per tinggi badan2 buka berat badan dalam kg dan tinggi badan dalam meter. Rujukan standar juga telah dipublikasi untuk memungkinkan penaksiran adipositas dari pengukuran kapiler (jangka) ketebalan lipatan kulit triseps dan subskapula.


Pengukuran berat dan panjang badan yang tepat memang sangat penting. Skala yang harus ditera secara teratur dan juga panjang badan telentang harus diukur di atas papan, pengukuran panjang dengan menggunakan pit adalah tidak akurat. Tinggi badan paling baik diukur dengan menggunakan stadiometer yaitu pengukuran dengan batang yang terikait lengan-ayun untuk skala kantor tidak akurat.


Dalam proporsi tubuh mengikuti perubahan perkembangan secara teratur. Kesesuaian berat badan biasanya bisa ditaksir sejak lahir dan tumbuh, akan tetapi hal semacam itu tidak bisa dijadikan patokan, karena setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Adipositas bisa membuat penyakit dalam tubuh, penyakit diantaranya adalah obesitas, hiperinsulinemia, displidemia, hipertensi, dan intoleransi glukosa.

0 Comments: