Tuesday, July 31, 2018

Karotena



karotena-www.healthnote25.com
karotena - www.healthnote25.com


Karotena adalah sekelompok senyawa yang sejenis yang memiliki rumus kimia C40H56.Karotena adalah pigmen berwarna jingga. Beberapa anggotanya terlibat dalam fotosintesis.


Contoh karotena pada tumbuhan adalah buah yang berwarna jingga seperti labu, dan wortel. Zat inilah memberikan warna jingga akar tunjang wortel dan banyak buah-buahan serta sayur-sayuran. Karotena adalah kelompok besar di dalam golongan senyawa penting karotenoid.


Secara biokimia, karotena terasuk dalam golongan terpena, yang disintesis secara biokimia dari delapan satuan isoprena. Ia dikenal dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karotena (α-karotena) dan beta-karotena (β-karotena). Gamma-, delta-, dan epsilon- (γ, δ, dan ε-karotena) juga dikenal dalam jumlah yang sedikit.


Beta-karotena terdiri dari dua grup retinil, dan dipecah dalam mukosa dari usus kecil oleh beta-karotena dioksigenase menjadi retinol, sebuah bentuk dari vitamin A]. Karotena dapat disimpan dalam hati dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, sehingga ia dapat dianggap sebagai provitamin.


Dalam sel tumbuhan, karotena ditemukan di dalam plastida tersendiri yang terpisah dari kloroplas, dan disebut kromoplas karotena. Organel ini tidak ditemukan pada selain tumbuhan hijau.

0 Comments: