Monday, July 23, 2018

Aspergilosis

aspergilosis - www.healthnote25.com





Aspergilosis adalah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur dari genus Aspergillus. Penyakit ini menyebar akibat spora jamur Aspergilus di udara bebas. Kelainan yang disebabkan penyakit ini antara lain: aspergilosis paru yang menimbulkan kelainan seperti asma bronkial akibat alergi terhadap jamur yang berada di paru, otomycosis yang sering disertai infeksi bakteri, kelainan akibat otomycosis seperti keluhan gatal pada liang telinga, nyeri, dan kadang bernanah, dan onychomycosis yang menyebabkan kelainan pada kuku.


Penanganan penyakit ini dapat dilakukan dengan meminum larutan iodetum kalicium jenuh atau dengan suntikan amfoterisin. Selain menyerang manusia, penyakit ini juga dapat menyerang hewan, terutama ayam.


Kematian ayam disebabkan karena infeksi pada paru-paru.(satu) Jamur Aspergilus penyebab penyakit ini dapat berasal dari lingkungan yang kurang bersih sepert sampah, sumber air, maupun makanan yang berjamur. Gejala yang ditimbulkan antara lain pernafasan yang parau, dan suara mendahak pada kerongkongan. Penyebaran penyakit ini termasuk lambat, dan pada ayam kematian yang ditimbulkan biasanya rendah.

0 Comments: