Mikrovirus

3:56 PM


mikrovirus-www.healthnote25.com
mikrovirus - www.healthnote25.com



Mikovirus (dari bahasa Yunani kuno: μύκης mykes, "jamur"; dan bahasa Latin: virus) adalah jenis virus yang menginfeksi jamur. Jamur, sebagaimana organisme eukariotik yang lain, dapat terinfeksi oleh sejumlah virus, dan mikovirus ditemukan pada semua kelompok mayoritas jamur.


Dewasa ini, lebih dari 200 mikovirus telah diidentifikasi. Dari perkiraan besarnya jumlah spesies jamur (kl 10.000 spesies yang telah ditemukan dan lebih banyak lagi spesies yang belum ditemukan), diperkirakan ada jauh lebih besar jumlah mikovirus yang belum diketahui di alam. 


Kebanyakan mikovirus mempunyai genom dsRNA dan terbagi menjadi dua kelompok besar: “true dsRNA virus” yang mempunyai partikel keras melindungi genom dan “pseudo dsRNA virus” yang lebih cenderung ke virus kelompok positif sense RNA dan tidak berkaitan dengan partikel.


Secara klasik, mikovirus tidak infeksius sebab infeksi tidak dapat diinisiasi dengan perlakuan hifa sehat dengan ekstrak hifa dari strain terinfeksi. Mikovirus terutama ditularkan secara percampuran sitoplasma setelah terjadinya fusi hifa (anastomosis) atau dengan pembentukan spora aseksual.

Kebanyakan mikovirus menginfeksi inangnya secara persisten, biasanya tanpa perubahan fenotip yang bisa dikenali. Pada jamur patogen tumbuhan, beberapa virus dapat menurunkan virulensi inangnya atau menyebabkan hipovirulensi, sehingga dapat dikembangkan sebagai agens pengendai hayati terhadap jamur tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts