Sunday, July 1, 2018

Mie ongklok

mie-ongklok,www.healthnote25.com
mie ongklok - www.healthnote25.com



Mie (atau bakmie) ongklok adalah mie rebus khas kota Wonosobo dan sekitarnya. Mie rebus ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh. Mie ini banyak dijajakan di berbagai warung dan rumah makan di kota tersebut. Pendampingnya biasanya adalah sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.


Kenapa disebut Miee Ongklok? Ternyata karena sebelum disajikan miee ini diramu dengan sayuran kol segar dan potongan daun kucai. Kol dan daun kucai merupakan sayuran khas Wonosobo. Kucai sendiri adalah daun yang terkenal sebagai penurun darah tinggi.


Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mie. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mie rebus ini sesuai dengan alat tersebut.


Kemudian setelah dicampur di sebuah gayung dari bambu, campuran miee dan sayuran tadi dicelup-celupkan selama beberapa menit di air mendidih, dan cara inilah yang disebut diongklok. Miee yang secara berulang-ulang dicelupkan di air mendidih. Dan cara pembuatan miee yang seperti ini hanya ada di Wonosobo.



Hanya beberapa menit, miee dan campuran sayuran tadi ditaruh di mangkuk dan diguyur kuah. Kuah miee ongklok inilah yang terkenal khas. Kuahnya berasal dari pati yang dicampur gula jawa, ebi, serta rempah. Supaya rasanya lebih maknyus, miee ongklok diguyur juga oleh bumbu kacang. “Agar lebih segar lagi, kamie menambahkan merica dan bawang goreng,” kata Waluyo.Penyajian Miee Ongklok khas Wonosobo sendiri juga tergolong cukup unik.



Ada beberapa varian lauk yang disajikan bareng Miee Ongklok, diantaranya sate sapi, tempe kemul, dan geblek atau semacam makanan dari singkong.Ketika menyentuh lidah, kuah miee ongklok ini sangat segar. Kesegaran miee ongklok ini karena ada campuran ebi. Setelah dirasakan bersama lauknya, kelezatan pun bertambah.



Sate sapi yang empuk dan tempe kemul yang renyah menyatu dengan rasa miee ongklok yang sedap dan segar. Hmmm rasanya sangat menggugah selera.Untuk harga Miee Ongklok sendiri sangatlah terjangkau sekali. 1 porsi Miee Ongklok hanya Rp 5.000. Sedangkan untuk Sate Sapi harganya Rp 15.000/10 tusuk sate dan untuk geblek&tempenya seharga Rp 500/bijinya. Jadi para penelusur nggak usah khawatir, karena tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmatinya.

0 Comments: