Wednesday, July 4, 2018

, , , , , , , , , , ,

Langos



langos-www.healthnote25.com
langos - www.healthnote25.com




Lángos (pengucapan bahasa Hongaria: [ˈlaːŋɡoʃ]; bahasa Turki: lalanga) adalah makanan khas Hongaria yang berupa roti pipih goreng. Makanan ini juga dibawa oleh orang-orang Hongaria ke wilayah Vojvodina di Serbia.


Adonan lángos terbuat dari air atau susu dan tepung, ragi, gula dan garam. Krim asam, yoghurt atau kentang tumbuk dapat ditambahkan di adonan; apabila kentang tumbuk ditambahkan, makanan ini disebut lángos kentang (bahasa Hongaria: krumplis lángos).


Lángos dimakan selagi masih panas dan dapat ditambahkan dengan krim asam, keju parut, liptauer, ham, atau sosis, walaupun lángos juga sering dimakan tanpa bahan tambahan. Bahan yang dapat menjadi pengiring adalah jamur, keju quark, terong, kubis, gula bubuk atau selai.


Secara tradisional makanan ini dipanggang dengan menggunakan tungku. Inilah asal mula kata "lángos", karena dalam bahasa Hongaria "láng" berarti "api". Saat ini orang-orang tidak harus lagi memanggang dengan tungku tradisional, sehingga sekarang lángos selalu digoreng rendam dengan minyak.


Lángos merupakan makanan yang populer sepanjang tahun. Makanan ini juga merupakan makanan yang sederhana, sehingga seringkali dijual di sekitar terminal bus, stasiun kereta api, pekan raya atau perayaan-perayaan lain.


Makanan ini tidak hanya dijual di restoran atau kios cepat saji di Hongaria, tetapi juga di Austria (terutama di kota Wina). Lángos juga dapat ditemui di Republik Ceko, Slowakia dan Kroasia dengan nama langoš; di Serbia dengan nama languš; di Rumania dengan nama langoși; dan di Polandia dengan nama "langosz".

0 Post a Comment:

Follow by Email