Sunday, July 8, 2018

Kompulsi

kompulsi-www.healthnote25.com
kompulsi - www.healthnote25.com





Kompulsi adalah tindakan yang biasanya dilakukan secara berulang untuk mengurangi kecemasan. Sumber lain menjelaskan bahwa kompulsi adalah impuls yang tidak tertahankan dan tidak bisa dicegah untuk melakukan suatu perbuatan dan bertentangan dengan kemauan sadar pada waktu melakukannya.


Tindakan kompulsif ini kadang-kadang tidak mengganggu tingkah laku individu untuk menyesuaikan diri adalah biasa dengan dianggap sebagai kejadian normal. Kompulsi-kompulsi yang tidak sehat atau tidak wajar bertentangan dengan kamauan subjek dan mengganggu kemampuannya untuk memenuhi tuntunan-tuntunan sehari-hari.


Misalnya, seseorang mungkin merasakan kompulsi untuk terus berkeliling untuk mengunci semua jendela yang ada di rumahnya. Perilaku ini disebut perilaku obsesif-kompulsif. Hampir semua manusia mempunyai kompulsi kecil-kecilan yang hampir tidak terlihat.


Manusia merupakan makhluk kebiasaan dan satu perubahan dapat menaikkan tingkat kecemasan. Hal ini dibutuhkan pemikiran sesaat sebagai pengganti program perilaku otomatis. Salah satu cara paling efektif untuk mengobati kompulsif adalah proses yang disebut desensitisasi sistematis.


Penderita belajar untuk memberikan perintah kepada dirinya agar berelaksasi, dengan mengulangi kata seperti “tenang “ sampai keadaan yang bebas ketegangan. Kasus perilaku kompulsif yang berat dapat diobati dengan terapi perilaku kognitif. Kebanyakan kompleks dapat diobati secara efektif dengan psikoterapi.

0 Comments: