Kembang merak

12:47 PM
kembang-merak,www.healthnote25.com
kembang merak - www.healthnote25.com





Kembang Merak atau Caesalpinia Pulcherrina adalah tanaman asli dari Asia dan Afrika. Selain indah, tanaman ini juga mempunyai khasiat yang banyak, misalnya sebagai obat untuk menstruasi yang tidak lancar, mata merah, diare, sariawan, perut kembung dan kejang panas pada anak.  


Misalnya untuk diare, kulit batang kembang merak ditumbuk hingga halus kemudian diseduh dengan air hangat. Meskipun begitu, wanita hamil tidak boleh menggunakan kembang merak sebagai obat.


Selain sebagai obat, kembang merak juga dapat membunuh serangga karena adanya hidrogen sianid (gas beracun) yang dimilikinya. Tumbuhan ini bisa kita jumpai di taman-taman atau perkarangan rumah sebagai tanaman hias.


Kandungan kimia yang dimiliki oleh kembang ini cukup banyak, yakni tanin, gallic acid, resin, zat merah dan benzoic acid. Pada daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksalat. Sementara pada kulit kayunya terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan calcium oksalat. Perbanyakkan tanaman ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bijinya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts