Wednesday, July 4, 2018

Souvlaki



souvlaki-www.healthnote25.com
souvlaki - www.healthnote25.com



Souvlaki dalam bahasa Yunani (Yunani: σουβλάκι [suˈvlaci]), jamak souvlakia adalah makanan cepat saji asal Yunani yang terdiri dari potongan-potongan kecil dari daging, yang terkadang disertai juga dengan sayuran yang dipanggang dengan tusuk sate.


Souvlaki biasanya disajian dalam roti panggang, atau dibalut dalam roti pita dengan hiasan dan saus, atau disajikan pula dalam piring pada sebuah makan malam, yang seringkali disertai dengan kentang goreng. Di Yunani dan Siprus daging babi biasa digunakan dalam pengolahan Souvlaki. Selain itu, biasanya menggunakan ayam, daging sapi, dan daging domba. Di negara lainnya (khususnya bagi para pelancong), souvlaki dibuat dengan menggunakan daging domba, ayam, dan ikan todak.


Kata souvlaki berasal dari turunan kata Bahasa Yunani Abad Pertengahan σούβλα souvla atau 'skewer' dalam bahasa Inggris yang artinya tusuk sate, yang dipinjam dari bahasa Latin subula. 'Souvlaki' adalah istilah umum yang digunakan di Makedonia Hellenis dan wilayah lainnya di Yunani Utara, sementara di Yunani Selatan, atau di sekitar Atena biasanya dikenal dengan istilah 'kalamaki'.

0 Comments: