Monday, July 2, 2018

, , , , , , , , , , ,

Nasi kedewatan



nasi-kedewatan,www.healthnote25.com
nasi kedewatan - www.healthnote25.com



Nasi kedewatan berasal dari desa Kedewatan Gianyar Bali. Nasi kedewatan adalah sejenis nasi campur berisi daging ayam serta disajikan bersama telur, lawar, sate lilit, dan sambal matah.


Ciri khas dari nasi ayam kedewatan adalah dari rasa pedasnya. Lawar adalah campuran sayur, parutan kelapa, dan daging ayam. Ayam yang digunakan adalah ayam betina yang belum bertelur. Sate lilit adalah gilingan ikan laut yang dijadikan sate kemudian di bakar.


Awal mulanya nasi kedewatan di jual dengan lauk telur pindang yang direbus dengan ramuan serai dan kunyit. Setelah 10 tahun menjual nasi dengan telur pindang Metri kemudian meningkat menjual nasi ayam. Nasi kedewatan berbeda dengan ayam betutu, ayam kare dan ayam goreng. Bumbunya menggunakan base genep.


Yang terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, merica, ketumbar, cengkeh, kapulaga, mesui, jangu, bawang, kesuna atau bawang putih, serai. Semua bumbu tidak digiling atau ditumbuk, tapi dirajang halus diatas talenan, kemudian seluruh bumbu dimasukkan dalam rongga dada ayam yang dipotong tanpa membelahnya.

0 Post a Comment:

Follow by Email