Klampis

11:51 AM
klampis-www.healthnote25.com
klampis - www.healthnote25.com




Klampis (Acacia tomentosa) adalah sejenis pohon dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan) penghuni sabana, hutan jati dan hutan musim di daerah kering atau agak kering. Pohon kecil ini ditemukan menyebar mulai dari India, Asia Tenggara, hingga Indonesia.


Nama-nama daerahnya antara lain klampis (Jw.); kolampis (Sd.); klampès, longghay (Md.); ai kendara, ai kĕndarĕ, manggalawa (Sumba). Sedangkan di negara-negara lain dikenal sebagai krathin-phiman, khaya, nam khao (Thai), böröbu (Vietnam), dan lain-lain.


Klampis dipelihara untuk dimanfaatkan kayunya sebagai kayu bakar. Kayu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat gagang cangkul dan tangkai sabit. Kayu A. tomentosa tergolong ke dalam kayu yang berbobot sedang, dengan densitas 580–670 kg/m³ pada kadar air 15%.


Kulit batangnya pahit dan berbau tak enak, dimanfaatkan sebagai obat kuda. Serat dari pepagan ini sangat liat dan digunakan untuk membuat tali atau tambang. Getahnya dimanfaatkan untuk membuat tinta.


Tunas dan daun-daun mudanya disenangi ternak, walaupun berduri. Di samping itu, dedaunan ini dapat dijadikan pupuk hijau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts