Kingkilaban

12:20 PM
kingkilaban-www.healthnote25.com
kingkilaban - www.healthnote25.com



Kingkilaban (Mussaenda frondosa) adalah tanaman Indonesia yang dikenal menarik perhatian kupu-kupu karena bentuk bunganya yang seperti terompet. Tanaman ini juga dikenal sebagai makanan tupai. Di Indonesia, tanaman ini selain dikenal sebagai kingkilaban (Sd., Ind.), dikenal juga dengan nama walek adep (Jw.), dan ai kabeaku (Sumb.).


Karena kingkilaban dikenal berkelopak (dan daunnya) putih -juga bentuk bunganya yang serupa terompet, maka tanaman ini sering dijadikan tempat persinggahan kupu-kupu. Sering pula dijadikan sebagai makanan tupai, serangga, dan kupu-kupu. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman hias.


Filet mengutip J.K. Hasskarl, bahwa orang di Jawa mempergunakan getah dari tumbuhan ini -dan bahkan seluruh spesies dari Mussaenda- sebagai obat untuk membasuh atau mencuci mata. Oleh masyarakat Sumba, akar tanaman ini yang sudah kering -berikut dicampur minyak kelapa- dipakai untuk mengobati luka teriris benda tajam (dioleskan 3 kali sehari).


 Menurut catatan ilmiah, tumbuhan ini dikatakan mengandung efek antioksidan. Alkaloid dan flavonoidnya dikatakan mengandung zat yang selain baik untuk antioksidan, juga baik sebagai nutrisi buat tubuh. Di tanaman ini, selain mengandungi zat-zat tersebut, ada pula karbohidrat, steroid, tanin, polifenol, dan terpenoid. Di India, akar tanaman ini dipakai untuk mengobati luka pada lidah; sedangkan, daun kelopaknya dipakai sebagai diuretik/peluruh kencing. Selain itu pula, bisa dikatakan tanaman ini bermanfaat sebagai antibakteri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts