Jati pasir

7:24 PM
jati-pasir,www.healthnote25.com
jati pasir - www.healthnote25.com




Jati pasir (Guettarda speciosa) adalah sejenis perdu atau pohon kecil penghuni hutan pantai, anggota suku kopi-kopian (Rubiaceae). Tumbuhan ini menyebar luas dari pantai timur Afrika, ke timur melintasi Kepulauan Nusantara, hingga Australia dan pulau-pulau di Pasifik.


Ia dikenal dengan banyak nama, termasuk nama-nama daerah seperti titi laut (Ambon); kenyang-kenyang (Md.); haruna (Alor); tasi (Timor); bobalako (Galela). Sementara dalam bahasa Inggris disebut beach gardenia atau zebra wood.


Jati pasir menghasilkan kayu yang awet, cukup bermanfaat untuk membangun rumah atau sampan bagi penghuni pulau-pulau kecil di kawasan Pasifik. Tetapi menurut Rumphius (ia menamainya Tittius littorea), kayunya yang berwarna putih itu lunak dan tidak bermutu. Namun, sepotong kecil kulit kayunya, yang direbus bersama sejumlah besar akar dari sejenis Artocarpus; dimanfaatkan air rebusannya itu untuk mengobati disentri.


Lembaran daunnya yang lebar, yang menyerupai daun jati, dipakai untuk pelbagai keperluan oleh penghuni asli Australia utara: untuk membungkus makanan, atau, setelah dipanaskan, dipakai untuk menyembuhkan sakit kepala atau pegal-pegal di kaki. Bunganya yang wangi dipakai untuk mengharumkan minyak kelapa di Kepulauan Cook.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts