Lawar

2:54 PM


lawar-www.healthnote25.com
lawar - www.healthnote25.com



 Lawar ialah masakan berupa gabungan sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam lokasi rumah  tangga di Bali atau dipasarkan secara luas di rumah-rumah santap dengan sebutan lawar Bali.


Lawar diciptakan dari daging yang dicincang, sayuran, sebanyak bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di sejumlah jenis lawar diserahkan unsur yang dapat meningkatkan rasa dari lawar tersebut yaitu darah dari daging tersebut sendiri. Darah itu dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga meningkatkan lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak bisa bertahan lama makanan ini andai didiamkan di udara terbuka hanya bertahan separuh hari.


Penamaannya bervariasi, seringkali menurut jenis daging yang dipakai atau jenis sayurannya. Bila yang dipakai daging babi maka lawar yang didapatkan disebut lawar babi., demikian pun bila yang dipakai sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka.


Ada pun pemberian namanya menurut warna lawarnya yakni lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan terdapat lawar yang mempunyai nama lawar padamare, yakni sejenis lawar yang diciptakan dari campuran sejumlah jenis lawar. Lawar disajikan sebagai teman  nasi bareng jenis lauk-pauk lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts