Saturday, June 30, 2018

Enbal



enbal-www.healthnote25.com
enbal - www.healthnote25.com


Enbal adalah nama makanan tradisional dari Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Enbal sejenis singkong atau ubi kayu yang beracun jika belum diolah. Namun, tanaman enbal memiliki perbedaan dengan singkong, yakni daunnya lebih tipis dan ukurannya kecil.


Enbal sering menjadi pengganti nasi dan menjadi makanan pokok masyarakat Maluku. Enbal ini mengandung rendah gula dan dipercaya sebagai obat kanker. Sekarang masyarakat Maluku menciptakan menu baru dengan menggunakan olahan yang berbahan dasar enbal. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan potensi sumber daya alam di sana.


Bahkan, pada tahun 2017, enbal berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), dalam kategori sajian makanan olahan terbanyak dari sari enbal. Sebanyak 400 menu makan dimasak puluhan kelompok tani asal Kabupaten Maluku Tenggara. Enbal pun diolah menjadi berbagai makanan baru, antara lain, dari mulai enbal goreng, puding enbal, hingga piza enbal. Makanan khas ini hadir dengan aneka rasa, seperti rasa cokelat dan rasa keju.


Selain meraih rekor MURI, enbal juga ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2017 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI.

0 Comments: