Monday, June 4, 2018

Bolu

bolu-www.healthnote25.com
bolu - www.healthnote25.com




Bolu atau kue bolu (bahasa Inggris: cake) ialah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake lazimnya dimatangkan dengan teknik dipanggang di dalam oven, walaupun ada pun bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan dinamakan kue tart (kue tarcis).


Cake berhias  (kue tart) atau tanpa hiasan dipakai sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart adalahsalah satu acara. 


Di Indonesia, nasi tumpeng tidak jarang menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam sekian banyak  upacara peringatan. Acara pemotongan kue pun sering digantikan acara pemotongan tumpeng.


bolu-www.healthnote25.com
bolu-www.healthnote25.com


Cake berukuran besar dengan bentuk  persegi empat atau bundar dimaksudkan guna dipotong-potong ketika dipasarkan atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan mengandung krim mentega atau selai dinamakan bolu gulung. Berbagai macam puding pun menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang ditaruh di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

0 Comments: