Tuesday, June 5, 2018

Nasi Bungkus

nasi-bungkus,www.healthnote25.com
nasi bungkus - www.healthnote25.com




Nasi bungkus ialah nasi putih beserta lauk untuk  satu orang yang dibalut daun pisang beralas kertas, supaya bisa dibawa dan dimakan di lokasi lain. Nasi bungkus bukan nama jenis makanan melainkan teknik mengemas makanan. Bila nasi beserta lauk-pauk dikemas dalam kotak dari karton, maka nasi itu disebut nasi kotak atau nasi dus.



Daun pisang dipakai sebagai pembungkus sebab daun pisang mengeluarkan wangi  harum bila terkena  makanan panas. Kertas yang dipakai untuk nasi bungkus dapat berupa kertas koran bekas atau kertas bungkus makanan (kertas kraft dengan lapisan plastik). 


Jenis dan jumlah lauk bisa dipilih sendiri oleh pembeli, dan bisa berupa daging sapi, ayam, ikan, atau telur. Satu atau dua jenis masakan berkuah atau sayur tidak jarang ditambahkan penjual  tanpa perlu  diminta.

nasi-bungkus,www.healthnote25.com
nasi bungkus - www.healthnote25.com


Nasi bungkus dapat dilengkapi dengan sendok plastik sekali pakai, walaupun tidak sedikit rumah makan  dan warung yang mewajibkan nasi bungkus dimakan dengan tangan. Air putih atau air teh yang dibungkus  kantong plastik kadang-kadang diserahkan gratis saat melakukan pembelian nasi bungkus kelas  sederhana. 

Di dalam kemasan nasi kotak kadang-kadang dilengkapi dengan air mineral kemasan gelas plastik. Nasi kotak bahkan telah menjadi salah satu teknik penyajian makanan dalam penerbangan dalam negeri di Indonesia.

0 Comments: